Tech Days BPK Machine Learning NLP and Information Extraction

Tech Days BPK: Machine Learning, NLP, and Information Extraction
Tadi sore mengisi acara Tech Days di depan 150an orang staf TI Badan Pemeriksa Keungan yang masih muda-muda dari seluruh Indonesia. Luar biasa energi dan semangatnya. Hari berikutnya sama Pak Beno Kunto Pradekso kayaknya :-)
Saya terkejut ketika pertama datang sudah ditanya soal NLP, part of speech tagging, dan Named Entity Extraction. Ternyata pengembangan teknologi IT begitu luar biasa di BPK. Dukungan pimpinan yang sangat melek TI menjadi kuncinya.
Teknologi NLP ini kelak akan membantu mereka mengevaluasi LHP yang dibuat oleh assesor. Normalnya LHP harus netral. Namun kadang ada yang memiliki sentimen positif atau negatif tertentu tanpa disadari oleh asesor. Teknologi akan bisa membantu mengevaluasi lebih cepat dan mudah.
Judul slidenya sih "Social Network as a Modern City Hall." Namun bahasannya lebih banyak tentang bagaimana menerapkan machine learning untuk sentiment analysis, menerapkan NLP pada unstructured text, dan information extraction sehingga mendapatkan entitas penting seperti aktor, organisasi, lokasi, waktu, dan terms. Biar lebih mudah dipahami, penjelasan lebih banyak dalam studi kasus, mengingat waktu yang singkat.
Saya optimis BPK akan semakin maju jika tren dan semangat dalam menjadikan TI sebagai enabler terpenting ini terus dikembangkan dan disupport.

Dari Fez ke Merzouga Sahara Jalur dari Fez menuju Merzouga ini luar biasa

Dari Fez ke Merzouga (Sahara)
Jalur dari Fez menuju Merzouga ini luar biasa. Pergantian lanskap, kehidupan ekonomi, dan bentuk bangunan tampak sangat jelas. Dari Fez yang modern dengan tanaman olive sebagai sumber pendapatan utama, makin ke selatan makin kering, dan kehidupan hanya muncul di lembah2 yg dilewati air, lalu sampe padang pasir yang hanya tampak padang datar kering, bebatuan dan pasir.
Jalanan sangat bagus. Hampir tidak ada lobang di sepanjang 400km lebih jalan raya. Dan tidak ada tol. Rakyat bebas melewati tanpa bayar. Yang perlu diperhatikan ketika nyopir adalah batas kecepatan. Di beberapa titik ada polisi yang mengawasi kecepatan mobil.
Ketika keluar Fez, aku lihat ada penjual buah cherry. Aku berhenti buat beli.
"How much for one kilo?" tanyaku.
"One kilo 'wa dirham'," jawabnya.
Kupikir murah amat? Lalu setelah selesai ditimbang, aku kasih 1 dirham. Dia menolak dan bilang, "wa dirham". Yes, this is one dirham, jawabku lagi. Kemudian dia keluarkan uang kertas 20 dirham. 'Oh, twenty dirham," kataku. ?
Di beberapa tempat tampak orang dewasa dan kadang bersama anak2, bediri di pinggir jalan, dengan latar tanah dan bukit bebatuan yang gersang. Mereka minta air dan sesuatu buat makan. Mereka adalah sebagian orang2 berber atau barbar yang semi nomaden. Mereka bikin rumah semi permanen. Tanpa air, mereka tetap survive.

UMNO tetaplah UMNO

UMNO tetaplah UMNO... yg perjuangkan kemerdekaan, yang memayungi melayu, yang diasaskan di Istana Johor, walaupun pernah diharamkan, atokz juga punca krisis dulu...
Kali ini, sebagai pencinta UMNO, saya dan ramai lagi di luar sana, amat yakin, tidak sesekali menerima perjuangan BERSATU yang dibina atas sikap dengki dan hasad.Biar apa pun, saya yakin, orang melayu masih menggunakna otak dan akal yang waras, bahawa UMNO masih relevan.
Maaf, BERSATU kaaaa... PPBM kaaaa... apa lah sekali pun, ampa jelas "keldai tunggangan DAP".Ini hikmah ampa menang PRU KE 14.Kami baru nampak siapa ampa.
SEBAGAI PENGUNDI ATAS PAGAR, kita tetap percaya UMNO berbanding ampa...
ingat orang melayu... dua jer... untuk melayu ada dua jaaa. UMNO atau PAS.Dua jaaaa.... naa
full stop

UMNO tetaplah UMNO

UMNO tetaplah UMNO... yg perjuangkan kemerdekaan, yang memayungi melayu, yang diasaskan di Istana Johor, walaupun pernah diharamkan, atokz juga punca krisis dulu...
Kali ini, sebagai pencinta UMNO, saya dan ramai lagi di luar sana, amat yakin, tidak sesekali menerima perjuangan BERSATU yang dibina atas sikap dengki dan hasad.Biar apa pun, saya yakin, orang melayu masih menggunakna otak dan akal yang waras, bahawa UMNO masih relevan.
Maaf, BERSATU kaaaa... PPBM kaaaa... apa lah sekali pun, ampa jelas "keldai tunggangan DAP".Ini hikmah ampa menang PRU KE 14.Kami baru nampak siapa ampa.
SEBAGAI PENGUNDI ATAS PAGAR, kita tetap percaya UMNO berbanding ampa...
ingat orang melayu... dua jer... untuk melayu ada dua jaaa. UMNO atau PAS.Dua jaaaa.... naa
full stop

Serius lah Tun? , Ada negara cuba “Islam”kan sosialis pun gagal

Serius lah Tun?
Ada negara cuba “Islam”kan sosialis pun gagal...
Liberal yg macam mana Tun sebut? Ekonomi atau politik? Atau Islam yang cuba di”liberalkan” dari dalil2 yang thabit dengan Qathie Dilalah dan Qathiatul Thubut?
Sajer ceq nak tau

Terima Kasih kepada semua yang mengucapkan selamat hari jadi baru2 ini melalui mesengger

Terima Kasih kepada semua yang mengucapkan selamat hari jadi baru2 ini melalui mesengger.Maaf, saya memang block ucapan berkenaan di wall.Semakin hari kita semakin bertambah pengalaman.Pengalaman kenal manusia, kenal kawan dan paling bahaya kita gagal kenal musuh.
Apa pun, saya agak malas mengulas di FB mutakhir ini sejak melihat sekumpulan manusia.Saya benci dengan manusia yang opportunist, konon tidak berparti tapi hakikatnya mencari peluang untuk diri sendiri sahaja.
See Translation

TERINGAT selepas revolusi 2011, depa di sini selalu naikkan slogan “tiada siapa mengatasi undang2”

TERINGAT selepas revolusi 2011, depa di sini selalu naikkan slogan “tiada siapa mengatasi undang2”.Nie ayat untuk MP FJP atau salafi masa tuh... tak sangka berulang di Malaysia,, haha
مفيش حد فوق القانون.
T
See Translation

MUHASABAH DIRI DI HARI MULIA Dalam ajaran Islam ada dua kata yang selalu bersandingan KEWAJIBAN dan HAK

MUHASABAH DIRI DI HARI MULIA
"Dalam ajaran Islam ada dua kata yang selalu bersandingan; KEWAJIBAN dan HAK. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita laksanakan. Hak adalah sesuatu yang harus kita terima. Keduanya berjalan pada alur keseimbangan. Bahwa ada orang yang lebih mengutamakan kewajibannya dan tidak terlalu memikirkan haknya, kita katakan orang yang BIJAK; Ada orang yang menuntut haknya sesuai dengan kewajiban yang dia laksanakan, kita katakan itu orang yang ADIL. Tapi ada orang yang hanya tau HAK tapi tidak pernah melaksanakan KEWAJIBAN, kita katakan itu ORANG YANG TIDAK TAU DIRI."
---alm. KH. Zainuddin MZ
Dalam konteks Maulid Rasulillah Muhammad SAW., sepatutnya saya dan siapa saja yang mengaku Muslim untuk muhasabah diri. Sudah layakkah kita menuntut Dia memberikan keinginan kita, sedangkan kita acuh tak acuh atas risalah yang diberikan dan diturunkan melalui junjungan kita; Sudah layakkah kita menuntut-Nya seperti seseorang yang memberikan proposal ke atasannya di kantor, tetapi rukun Islam dan iman enggan kita laksanakan dengan setulus-tulusnya; Sudah layakkah kita menjadi penyambung lidah setelah wafat junjungan kita, sahabat-sahabat terbaiknnya tiada di sisi kita, ulama-ulama kian hari kian dipanggil oleh-Nya.
Tanggal 12 Rabî'u al-Awwal, tidak saja sekedar rutinitas tahunan dan memperanyakan dengan segumpulan berkat di kiri dan kanan. Tapi momen muhasabah diri. Pantaskah kita menjadi umat terbaiknya, umat Rasulillah Muhammad Saw?
Semoga kita termasuk umat kebanggan Nabi Muhammad, sekalipun kita tidak pernah melihatnya dan mendapatkan syafaatnya kelak hari. Âmîn

Ungkapan mendamaikan perselisihan lebih utama daripada shalat dan zikir itu bukan berarti di antara keduanya ada yang tidak penting atau menyatakan tak ada gunanya zikir dan shalat kalau dirimu abai terhadap kondisi sosial yang mengitarimu

Ungkapan "mendamaikan perselisihan lebih utama daripada shalat dan zikir" itu bukan berarti di antara keduanya ada yang tidak penting; atau menyatakan tak ada gunanya zikir dan shalat kalau dirimu abai terhadap kondisi sosial yang mengitarimu. Ini pemahaman terlihat dan dirasa benar tapi salah.
Shalat itu rukun dalam Islam yang di dalamnya terikat dengan ritual zikir. Bahkan shalat itu ya zikir yang sebenarnya. Antara "shalat-zikir" dan "mendamaikan perselisihan" dua tempat yang berbeda tapi bisa bekerjasama. Wilayah "shalat dan zikir" itu internal dan "mendamaikan perselisihan" itu eksternal. Lahirlah dari keduanya, kesalehan pribadi dan kesalehan sosial. Kemudian, yang di maksud "lebih utama atau afhdal min" itu tingkatan tertinggi di antara yang utama-utama.
Hidup hanya sibuk dengan memperbaiki "kesalahan sosial" saja tapi abai dengan "kesalehan pribadi", akan kering. Sedangkan hidup hanya ngurusi "kesalehan pribadi" tapi abai dengan "kesalehan sosial" maka ia belum teruji nilai-nilai ritual yang telah diserapnya ke dalam konteks yang lebih luas. Dua-duanya penting dan punya posisi ketinggian dan keutamaan yang berbeda tapi bisa saling menguatkan.

MOTIVASI HARI INI , إذا أعطيت رجلا سمكة…… فإنك تطعمه يوما واحدا, أما إذا علمته كيف...

MOTIVASI HARI INI
إذا أعطيت رجلا سمكة…… فإنك تطعمه يوما واحدا
أما إذا علمته كيف يصطاد…… فستطعمه أياما كثيرة
Jika kamu berikan seseorang seekor ikan..... maka sesungguhnya kamu memberikannya makanan untuk satu hari
Tetapi jika kamu ajar kepadanya bagaimana menangkap ikan.... maka kamu memberi dia makanan untuk banyak hari
See Translation